10 February 2018

VLAN : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Keuntungannya


 Assalamualaikum Wr.Wb.
   Artikel kali ini akan membahas tentang salah satu metode dalam jaringan yaitu VLAN. Untuk lebih jelasnya, Lets Reading..

A.) Pengertian
    VLAN atau Virtual LAN adalah sebuah model jaringan yang membagi beberapa jaringan secara logikal kedalam beberapa jalur yang berbeda tapi tetap lewat perangkat penghubung yang sama.
B.) Latar Belakang
   Dengan menggunakan VLAN, jaringan yang dibangun akan lebih efisien dan hemat biaya.
C.) Maksud dan Tujuan
   Supaya lebih paham dan mengerti tentang VLAN, serta dapat menerapkannya pada jaringan yang akan dibangun.
D.) Pembahasan  
  Pengertian VLAN
   Menurut Wikipedia, VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan ( dengan perangkat lunak ) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.
   VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil ( subnet ) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar komputer bisa be
rkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap komputer harus memiliki sebuah alamat IP dan subnet mask yang sesuai dengan VLAN tersebut.
  Fungsi VLAN
   Menurut IEEE standard 802.1Q, VLAN memberikan sebuah metode untuk membagi satu fisik network ke banyak broadcast domain. Broadcast domain ini biasanya sama dengan batas IP subnet, tiap subnet mempunyai satu VLAN. VLAN membolehkan banyak virtual LAN berdampingan dalam sebuah fisik LAN ( switch ). Jadi, semisal ada dua mesin yang terhubung dalam sebuah switch, keduanya tidak dapat mengirim ethernet frame ke mesin lain meski dalam satu kabel yang sama.
  Jenis-jenis VLAN
  • Default VLAN, adalah VLAN yang sudah ada sejak pertama kali switch dihidupkan. sebelum dikonfigurasi, semua port yang ada pada switch akan tergabung ke dalam default VLAN dan dapat tergabung pada masing-masing VLAN. Pada Cisco, default VLAN adalah VLAN 1.
  • Data VLAN, adalah VLAN yang hanya mengatur trafik data pada VLAN.
  • Native VLAN, adalah VLAN yang dikembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.
  • Voice VLAN, adalah VLAN yang mendukung VoIP dan dikhususkan untuk komunikasi data suara pada VLAN.
  • Management VLAN, adalah VLAN yang di konfigurasi untuk management switch.
  Cara kerja VLAN
   VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode ( tipe ) yang digunakan, baik menggunakan port, MAC address dan lain-lain. Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu VLAN ( tagging ) di simpan dalam suatu database ( tabel ), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mencatat port-port yang digunakan oleh VLAN.
   Untuk mengaturnya, maka biasanya digunakan switch/bridge yang dapt diatur. Switch / bridge ini yang akan menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch / bridge memiliki informasi yang sama. Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya.
  Keuntungan VLAN
  •  Security, tiap data yang bersifat sensitive akan terpisah dari jaringan yang ada, sehingga akan mengurangi pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.
  • Cost Reduction, dapat menghemat biaya karena tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrade jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
  • Higher Performance, dapat mengurangi trafik yang diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa karena membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik.
  • Broadcast Storm Mitigation, dapat mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast.
  • Improved IT Staff Efficiency, dapat memudahkan pengelolaan jaringan karena user dengan kebutuhan jaringan yang sama akan berbagi VLAN yang sama.
  • Simpler Project or Application Management, memudahkan pengelolaan sebuah project atau bekerja karena memiliki fungsi-fungsi terpisah.
E.) Kesimpulan
   VLAN adalah suatu metode jaringan yang bekerja dengan cara membagi jaringan-jaringan yang ada ke dalam suatu workgroup atau kelompok bekerja yang sama.
F.) Referensi

  - https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN
  - https://badrulalkaaffah8.blogspot.co.id/2017/07/pengertian-vlan-jenis-jenis-cara-kerja.html
  - http://www.sumberpengertian.co/pengertian-virtual-lan-vlan-jenis-jenis-kelebihan-serta-konfigurasinya
  - Modul Cisco IDN

  Sekian informasi tentang Virtual LAN ( VLAN ), semoga bermanfaat bagi anda dan diri saya pribadi. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di blog sederhana ini. 
 Wassalamualaikum Wr.Wb

  

0 komentar

Post a Comment