03 April 2018

Tutorial Netinstall Mikrotik RB941-2nd SMIPS

  Assalamualaikum Wr.Wb.

   Artikel kali ini, akan memberikan informasi dan tutorial Netinstall Mikrotik RB941-2nd SMIPS.

A. Pengertian

    Netinstall adalah program aplikasi yang berjalan pada komputer dengan sistem operasi Windows yang memungkinkan kita untuk menginstal atau menginstal ulang MikroTik RouterOS ke PC atau ke RouterBoard melalui jaringan Ethernet.

B. Latar Belakang

   Saat kita ingin menginstal ulang RouterOS karena instalasi sebelumnya gagal, rusak atau password akses hilang, maka kita dapat menggunakan program Netinstall ini.

C. Maksud dan Tujuan

   Supaya lebih paham dengan fungsi Netinstall dan dapat melakukan Netinstall pada perangkat Routerboard Mikrotik.

D. Alat dan Bahan

   - Laptop / PC
   - netinstall.exe
   - Kabel UTP
   - Package RouterOS sesuai versi RB

E. Waktu pengerjaan

   Sekitar 5 s/d 10 menit

F. Pembahasan 

  Untuk melakukan Netinstall pada RB941-2nd Mikrotik, kita harus memiliki terlebih dahulu program Netinstall dan Combined package RouterOS yang dapat kita download di situs resmi mikrotik yaitu https://mikrotik.com/download

    1. Download program Netinstall


    2. Download Packages RouterOS sesuai arsitektur dari RB Mikrotik kita, disini saya mengunduh main package berjenis SMIPS karena Saya menggunakan RB941-2nd hAP lite.


    3. Setting IP Address dari Laptop / PC yang akan kita gunakan untuk melakukan Netinstall pada RB Mikrotik, IP Address bisa diisikan tidak harus sama seperti gambar.


     4. Jalankan program Netinstall.exe


    5. Klik tombol Net booting dan centang opsi 'Boot Server enabled', masukan IP Address yang satu network dengan IP Address pada Laptop / PC.


    6. Hubungkan Laptop / PC ke RB941-2nd dengan kabel UTP di port WAN atau ether1
    7. Tekan dan tahan tombol Reset pada RB941-2nd sambil memasukkan kabel power dari adaptor selama kurang lebih 15 detik hingga perangkat Mikrotik berhasil dideteksi oleh program Netinstall.


    8. Pilih Routerboard yang akan di-Netinstall, kemudian klik tombol browse untuk menentukan package RouterOS yang akan diinstal ke perangkat Mikrotik.


    9. Klik tombol Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.


    10. Saat selesai, Routerboard akan Reboot secara otomatis dan akan menggunakan versi RouterOS yang kita pilih saat instalasi.


G. Kesimpulan

    Jadi Netinstall ini digunakan apabila kita ingin menginstall atau mengganti RouterOS kita dengan arsitektur dan versi terbaru atau juga sebagai langkah terakhir jika router kita terdapat masalah, seperti instalasi sebelumnya yang gagal, rusak atau password akses hilang.

H. Referensi

  - https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/03/tutorial-cara-install-mikrotik-dengan-Netinstall.html

   Sekian informasi dan tutorial Netinstall Mikrotik RB941-2nd SMIPS, semoga bermanfaat bagi diri Anda dan diri Saya pribadi. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di Blog sederhana ini.

  Wassalamualaikum Wr.Wb.

1 comment

  1. Pada RB941-2nd saya tidak bisa di upgrade/downgrade berhubung memori tdk cukup,saya mau instal ulang ke versi sebelumnya bisa tdk ya,sekarang yg saya pakai v6.45.8 dan akan didowngrade ke v6.44.6 bisa tdk melalui netinstal

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon