20 February 2018

Pengertian Dan Fungsi Manajemen Proyek Dalam Bekerja


  Assalamualaikum Wr.Wb.
   Artikel kali ini, akan membahas tentang pengertian dan fungsi manajemen proyek dalam bekerja. Yuk dibaca..
A. Pengertian
 Manajemen proyek adalah penerapan atau pelaksanaan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan sumber daya terbatas (minimal) untuk mencapai suatu tujuan. 
B. Latar Belakang
 Dengan manajemen proyek, kita dapat mengetahui dan melaksanakan pekerjaan yang kita kerjakan sesuai maksud dan tujuan yang telah ditentukan.
C. Maksud Dan Tujuan
 Supaya paham dan mengerti tentang manajemen proyek dan fungsinya dalam bekerja.
D. Pembahasan
   Manajemen Proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.
   Fungsi manajemen proyek adalah sebagai berikut.
  1. Planning (Perencanaan)
    Planning adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat proses planning, yaitu.
 - Permasalahan terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
 - Cara mencapai tujuan dengan melihat sumber daya yang tersedia.
 - Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan.
 - Penepatan jangka waktu.
  2. Organizing (Pengorganisasian)
    Organizing adalah pengaturan yang dilakukan dalam suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang. Fungsinya :
 - Menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik.
 - Membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi-fungsi manajemen.
 - Mempersatukan pemikiran dari satuan organisasi. 
  3. Actuating (Penggerakan)
    Actuating diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning. Metode dalam Actuating, yaitu.
- Hargailah seseorang apapun tugasnya. 
- Intruksi pemimpin harus dipertimbangkan terlebih dahulu.
- Adanya pedoman kerja yang jelas
- Adanya partisipasi guna membangun kerja sama.
- Pemimpin menjadi pendengar yang baik.
  4. Controlling (Pengendalian)
    Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas seluruh aspek pelaksanaan rencana. antara lain adalah:
- Produk pekerjaan. baik secara kualitatif maupun kuantitatif
- Sumber daya yang digunakan (manusia.uang.peralatan.bahan)
- Prosedur dan cara kerjanya - Kebijakan teknis yang diambil baik
E. Kesimpulan
 Manajemen Proyek berfungsi untuk mengarahkan dan menetapkan sasaran atau target dari suatu pekerjaan.
F. Referensi 
•  - Konsep manajemen proyek di bidang IT dan Pendidikan.pdf
  - https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek

   Cukup sekian artikel tentang Pengertian Dan fungsi Manajemen Proyek Dalam Bekerja yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Diri Anda dan Diri Saya pribadi.
  Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 komentar

Post a Comment